WORK WITH A PURE AND SINCERE HEART

Gundul atau Mencukur Pendek Rambut Kepala (Tahalul

Kategori : Umrah, Haji, Seputar Umrah & Haji, Ditulis pada : 17 Oktober 2023, 14:41:44

Penulis : Ustadz DR. FIRANDA ANDIRJA, MA

1- Menggundul kepala lebih afdol dari pada mencukur pendek, dalilnya :

Firman Allah :

لَتَدْخُلُنَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ إِن شَاء اللَّهُ آمِنِينَ مُحَلِّقِينَ رُؤُوسَكُمْ وَمُقَصِّرِينَ

“(yaitu) bahwa sesungguhnya kamu pasti akan memasuki Masjidil Haram, insya Allah dalam keadaan aman, dengan mencukur gundul rambut kepala dan mengguntingnya (memotong pendek) ” (QS Al-Fath : 27)

Allah mendahulukan penyebutan orang-orang yang mencukur gundul dari pada yang mencukur pendek.

Ibnu Umar radhiallahu ánhu berkata :

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «اللَّهُمَّ ارْحَمِ المُحَلِّقِينَ» قَالُوا: وَالمُقَصِّرِينَ يَا رَسُولَ اللَّهِ، قَالَ: «اللَّهُمَّ ارْحَمِ المُحَلِّقِينَ» قَالُوا: وَالمُقَصِّرِينَ يَا رَسُولَ اللَّهِ، قَالَ: «وَالمُقَصِّرِينَ»

“Bahwasanya Rasulullah shallallahu álaihi wasallam berkata, “Ya Allah rahmatillah orang-orang yang gundul”. Maka mereka (para sahabat yang cukur pendek) berkata, “Yang cukur pendek wahai Rasulullah (didoakan juga)”. Nabi berkata, “Ya Allah rahmatillah orang-orang yang gundul”. Maka mereka (para sahabat yang cukur pendek) berkata, “Yang cukur pendek wahai Rasulullah (didoakan juga)”. Maka Nabi berkata, “Rahmatillah juga yang cukur pendek” (HR Al-Bukhari no 1727 dan Muslim no 1301)

Dalam hadits Abu Huroiroh Nabi mendoakan yang gundul اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُحَلِّقِينَ “Ya Allah ampunilah yang gundul” sebanyak tiga kali, dan pada kali yang ketiga Nabi mendoakan ampunan juga bagi yang cukur pendek (HR Al-Bukhari no 1728)

Nabi mendoakan yang gundul 2 atau 3 kali, sementara yang cukur pendek hanya didoakan sekali. An-Nawawi berkata وَالْإِجْمَاعُ عَلَى أَنَّ الْحَلْقَ أَفْضَلُ “Ijmak bahwasanya gundul lebih afdol” (al-Majmuu’9/188)

Keutamaan menggundul kepala ini hanya berkaitan dengan lelaki. Nabi bersabda :

لَيْسَ عَلَى النِّسَاءِ حَلْقٌ، إِنَّمَا عَلَى النِّسَاءِ التَّقْصِيرُ

“Tidak ada gundul atas wanita, yang wajib bagi mereka cukur pendek” (HR Abu Dawud no 1984 dan dishahihkan oleh Al-Albani)

Adapun wanita hanya cukup memotong rambutnya seukuran ruas jari . Jika ia bisa menggabungkan rambutnya semua lalu mencukur seruas jari, jika tidak maka dia mencukur ujung-ujung rambutnya dari sisi-sisi yang berbeda-beda seruas jari.

2- Para ulama telah sepakat bahwa mencukur atau menggundul dari seluruh bagian kepala itu yang terbaik. Akan tetapi mereka berselisih barapa kadar minimal mencukur pendek rambut atau menggundul kepala?. Tentu yang lebih hati-hati adalah menggundul atau mencukur pendek dari seluruh bagian sisi kepala

3- Disunnahkan untuk mencukur atau menggundul bagian kanan kepala terlebih dahulu baru kemudian bagian kiri kepala.

4- Meskipun menggundul lebih baik daripada mencukur pendek, akan tetapi jika seseorang melakukan umroh tamattu’ menjelang pelaksanaan haji, maka ia tidak menggundul kepalanya, akan tetapi cukup mencukur pendek agar menyisakan rambutnya untuk digundul tatkala tanggal 10 Dzulhijjah.

Kesalahan-kesalahan

Pertama : Tidak benar persepsi yang berkembang di masyarakat bahwasanya yang boleh mencukur hanyalah orang yang sudah bertahallul, jika tidak maka tidak boleh. Bahkan jika seseorang mencukur kepalanya sendiri maka sah.

Kedua : Sebagian wanita langsung mencukur rambut mereka di bukit marwa begitu selsai saí sehingga banyak diantara mereka yang tersingkap rambutnya. Padahal rambut adalah áurot

Ketiga : Sebagian jamaáh lelaki begitu sampai di marwa mencukur sedikit rambut mereka dengan niatan akan melanjutkan untuk menggundulnya di salon. Sesungguhnya ini hanya pekerjaan sia-sia, hendaknya langsung saja ke salon untuk mencukur pendek atau gundul.

 

Publish : Maheer Travelindo

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id